Membuat Kopi Cold Brew Ala Rumahan

Kopimania pasti sudah tahu kopi cold brew, kopi yang proses menyeduhannya dengan media air dingin. Kopi cold brew saat ini banyak disajikan di kedai kopi yang ada di kota-kota besar di tanah air.

cold-brew2

Kopi ini diciptakan untuk kopimania yang memiliki masalah lambung. Proses ekstraksi kopi cold brew selama 12 jam, mampu menurunkan kadar asam maupun caffeine yang terkandung di dalam kopi ini.

Kopimania bisa mencoba meracik kopi ini di rumah. Dikutip dari membuatkopi.blogspot berikut resep membuat kopi cold brew rumahan, dimana bahan dan alat-alatnya mudah didapatkan didapur anda :

Cold brew rumahan 2

Bahan-bahan :

250 gram bubuk kopi
2 liter air

Alat-alat yang digunakan :

Teko berukuran 2 liter
Saringan halus
Sendok panjang untuk mengaduk
Plastik penutup
Cetakan es batu atau plastik es lilin

Cara membuat kopi cold brew :

Siapkan teko yang berukuran 2 liter tadi, lalu masukkan bubuk kopi ke dalam teko, beri air sampai penuh. Aduk-aduk agar bubuk kopi dan air tercampur rata.

Tutuplah rapat teko dengan menggunakan selembar plastik. Biarkan kopi dalam teko tersebut selama kira-kira 12 sampai 16 jam dalam suhu ruangan.

Jika sudah 12 jam, saring kopi dengan meggunakan saringan halus agar ampasnya terpisah. Lakukan dengan hati-hati dan lakukan berulang sampai habis, setelah itu buang ampasnya.

Siapkanlah cetakan es batu atau bisa juga plastik es lilin kemudian masukkan kopi ke dalam cetakan es. Bekukan kopi tadi kira-kira 2 jam hingga bisa sampai 5 hari.

Penyajian kopi cold brew :

Untuk menyajikan satu cangkir kopi, anda kopi lovers bisa mengambil beberapa buah kopi beku sesuai selera anda, lalu tambahkan air dan susu. Untuk menambah rasa agar lebih manis, bisa ditambahkan simple syrup ( syrup yang hanya terdiri dari air, gula dan aroma bisanya aroma yang digunakan vanili ).
Sajikan selagi dingin.

cold brew 4

Selain cara tadi ada juga satu cara lagi untuk membuat kopi cold brew. Rumus dasar kopi cold brew yaitu bubuk kopi, air dingin dan perendaman semalaman. Jika kita mengubah varibel rumus tentu akan menghasilkan rasa yang berbeda pula.

Contohnya pada saat memilih bubuk kopi yang halus dari pada yang kasar, atau perbandingan air dingin yang lebih banyak.

Bisfren.com cold brew rumahan 1

Untuk membuat kopi cold brew dengan rumus ini diperlukan alat-alat berikut:

Alat yang digunakan :

Panci besar
Saringan
Mangkuk besar
Selembar kain muslin

Cara membuat kopi cold brew :

Pertama yang dilakukan adalah giling kopi dengan tekstur seperti remahan roti, karena jika tekstur terlalu halus akan menghasilkan kopi cenderung keruh.
Tempatkan bubuk kopi tadi kedalam toples agar steril

Siapkan panci besar tuang bubuk kopi dengan rasio atau perbandigan kopi dan air 1:8. Untuk satu cangkir kopi dibutuhkan delapan cangir air dingin. Aduk-aduk perlahan saja hingga tercampur rata, tutup dan biarkan selama kira-kira 18 hingga 24 jam simpan dalam suhu ruangan atau bisa juga dikulkas.

Setelah kopi sudah selesai masa perendamannya, saring beberapa kali menggunakan saringan yang dilapisi kain muslin, lakukan penyaringan sampai ampas kopi tidak terlihat

Sajikan dengan es batu jika suka tambahkan susu dan agar lebih manis bisa juga tambahkan gula.

Simpan sisa kopi tadi kedalam kulkas. Waktu penyimpanan yang baik untuk kopi cold brew dapat bertahan hingga satu bulan dikarenakan faktor keasamannya yang rendah. (der)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s