Enak Rasa Kopi Seduh Manual Atau Mesin?

Kopimania, secara umum teknik menyeduh kopi atau brewing dibagi menjadi dua, yakni dengan menggunakan mesin atau machine espresso dan cara manual atau manual brewing.

manual brewing

Hampir seluruh kedai kopi dibelahan dunia menggunakan dua cara ini untuk menyeduh kopi. Dilihat dari prosesnya, jelas kedua cara tersebut memiliki perbedaan. Namun apa persamaannya?

mesin espresso

Duo barista Oneway Coffee Tebet Jakarta Selatan, Irvan Septiawan dan Reza Aka dikutip dari rasakopi.com menjelaskan, persamaan teknik menyeduh kopi dengan mesin maupun dengan cara manual. Menurut mereka, kedua teknik menyeduh kopi tersebut sama-sama membutuhkan sentuhan tangan seorang barista.

 racikan

“Terlepas dari mesin yang canggih atau tidak, bahkan cara manual sekalipun, keahlian barista menjadi peran penting atas kopi yang dihasilkan” terang Irvan.

Seperti diketahui pada mesin espresso sebagian besar sudah dilengkapi dengan “template”. Barista cukup menghafal template-nya serta menyesuaikan semua kebutuhan racikan kopi di mesin tersebut. Sementara untuk teknik menyeduh kopi manual, barista dituntut untuk menguasai berbagai hal mulai dari menentukan grind size, suhu air, rasio, waktu seduh dan sebagainya.

aka

“Barista dituntut mampu meracik kopi yang nikmat melalui sentuhan tangannya. Misalnya meracik grind size kasar, medium maupun halus, dengan teknik pouring pelan, akan menghasilkan kopi yang nikmat” tambah Reza Aka.

Duo barista Oneway Coffee ini berpendapat, tidak ada yang salah antara kedua cara menyeduh kopi tersebut. Baik menggunakan mesin maupun cara manual ternyata sama-sama menghasilkan kopi yang enak. Yang terpenting justru bagaimana cara kita menikmati kopi tersebut. [der]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s