Kopi Klasik Arabika Gayo

Rasa yang soft dan keasaman yang menonjol menjadi pengenal pertama saat anda mencicipi menu Toga Classic Natural Processing di Toga Coffee. Ini merupakan salah satu menu pilihan kopi klasik Arabika Gayo yang dapat anda nikmati di Kedai Kopi yang berada di pertokoan Sentra Primer Pulo Gebang Jakarta Timur.

Keasaman kopi ini menurut Deira seorang penulis kopi yang mengunjungi Toga Coffee, rasa asam ini sepertinya disebabkan oleh kadar buah (fruity) yang tinggi. Sehingga tanah perkebunan di Gayo cenderung menghasilkan kopi yang bercita rasa khas, sarat akan rasa buah segar. Menurut Deira, ada sensasi tersendiri mencicip kopi klasik ala Toga Coffee.

toga2

Kopi yang disajikan dengan alat syphon dripping terlarut sempurna sehingga menanggalkan rasa pahit kopi. Dengan kata lain anda sebenarnya tidak membutuhkan gula untuk mengonsumsi jenis kreasi sajian kopi ini. “Rasanya soft banget ketika sampai di tenggorokan, ujar Deira.

Deira berkesempatan melihat proses penggilingan kopi di Toga Coffee. Kedai ini memang memiliki keunikan, melakukan proses penggilingan (grinding) sendiri. Dan pengunjung diberi kesempatan menyaksikan langsung prosesnya. “Bau bijih kopi (green bean) Gayo hasil sortiran grade tujuhnya saja (grade rendah) beraroma seperti madu,” Deira menggambarkan keharuman green bean Toga Coffee.

toga3

Kopi yang disajikan dalam sloki kecil ini merupakan kopi specialty grade 1 (kualitas utama) asal Gayo Aceh. Kopi yang ditanam di ketinggian 1600-2000 meter dari permukaan laut ini dikenal memiliki citarasa dan aroma khasnya. Bibit kopi Hybrid De Timorese yang didatangkan dari Timor Leste dan Bourbon dari Amerika Selatan, dikenal sebagai kopi pilihan untuk dicampur (blend) dengan kopi lain. Kopi grade 1 ini bisa menularkan cita rasa kopi premium kepada jenis kopi grade lebih rendah seperti halnya kopi Honduras asal belahan Amerika.

toga4

Penanganan dan pemeliharaan kopi dengan tata cara tradisional (traditional way) tetapi tetap bisa menghasilkan cita rasa modern (moden taste) menjadi ciri khas dan slogan andalan utama Toga Coffee. Sebagai warisan tradisi (legacy), kopi Gayo merupakan warisan turun temurun petani dan pemilik perkebunan Gayo yang tidak lekang oleh waktu.

toga5

Untuk menghadirkan sentuhan tradisional dan klasik ini, Toga Coffee menampilkan desain kafe yang bernuansa kayu dihiasi dengan ornamen-ornamen khas Gayo dan Toraja. Perlu anda ketahui Toga merupakan singkatan dari Toraja Gayo. Selain kopi specialty Gayo di kedai ini juga disajikan kopi specialty Toraja yang tidak kalah khas dan tidak kalah dalam hal sensasi rasanya.

toga6

Untuk menguatkan aksen klasik dan tradisional, Toga Coffee menghadirkan dua jeep Willys peninggalan perang dunia ke II sebagai pelengkap dekor. Di tengah ruangan bahkan dihadirkan sepeda motor Harley Davidson Ultra Classic yang identik dengan sejarah dan warisan budaya dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s