Antara Bir Pletok dan Kopi Pletok

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Bir Pletok. Minuman yang satu ini biasanya banyak dijual di saat dan menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) kota Jakarta. Ya, minuman ini memang khas Betawi alias Jakarte. Meskipun namanya bir, tidak ada kandungan alkohol dalam jenis minuman ini. Ciri khasnya, minuman ini kaya rasa dan beraroma rempah yang mencolok.

Suatu waktu, saya berkunjung ke rumah kawan lama yang jauh lebih senior daripada saya, di kawasan Jombang Ciputat Tangerang Selatan. Karena dia tahu saya penggemar kopi, kawan saya yang bernama Bang Nian ini menawarkan kopi pada saya sebagai suguhan. Saya katakan saat itu, kalau kopi sih tidak khas Betawi, kalau ada saya lebih memilih bir pletok.

Bang Nian menjawab saat itu, “ya udah kalo gitu kopi pletok aja, belom pernah nyoba kan?”. Saya menganggap Bang Nian bercanda saat itu. Dia pun masuk ke dalam dan keluar tidak lama kemudian dengan membawa segelas kopi hitam. “Nih cobain kopi pletok,” ujar Bang Nian. Saya pun langsung menyeruput kopi yang disodorkan Bang Nian.

Kopi Bir2

“Wah dicampur apa nih Bang?,” tanya saya. Rasa kopi dengan bercampur dengan jahe dan beberapa kandungan lain langsung terdeteksi di tenggorokan saya. Memang rasa ini mengingatkan saya pada bir pletok yang saya coba beberapa tahun lalu.

“Ya sama kayak bir pletok, pake rempah-rempah macem-macem,” ujar Bang Nian. Saya pun meminta resep kopi ini pada Bang Nian.

kopi pletok2

Bagi anda para peminum dan penikmat kopi yang ingin mencoba kopi pletok, bisa anda tanyakan pada teman anda yang kebetulan orang Betawi. Atau anda bisa mencoba resep yang Bang Nian berikan pada saya. Karena setahu saya produk ini belum dijual seperti bir pletok. Kalaupun ada dijual botolan, lebih menyerupai jamu. Sedangkan warung kopi pletok setahu saya baru ada di cagar budaya betawi di Setu Babakan Jakarta Selatan. [ferrypu/der]

Leave a Reply

