Vacum Kopi Dari Lampu Bohlam Bekas

VACUUM coffee pot, atau yang lebih dikenal dengan syphon brewer, termasuk salah satu metode paling tua (sekaligus paling menyenangkan) dalam proses penyeduhan kopi. Konon, syphon muncul pertama kali di Jerman sekitar tahun 1830an, namun hak paten pertama yang dikeluarkan untuk produk ini justru jatuh ke tangan seorang perempuan Perancis bernama Jeanne Richard.

Sejak ditemukan atau dipatenkan pertama kali, syphon tidak mengalami perubahan desain yang terlalu mencolok-mencolok amat. Dengan kata lain, syphon yang Anda lihat sekarang ini –tak peduli semodern apapun desainnya– hampir tidak jauh berbeda dengan syphon di era 1830an dulu. Termasuk sejumlah produk syphon terbaru dan terkenal semacam Hario syphon, Bodum syphon dan Kono syphon, rata-rata masih memiliki konsep nyaris serupa dengan dedengkotnya terdahulu.

Alat pembuat kopi syphon sendiri terdiri dari 2 chambers. Bagian chamber bawah diisi dengan air dan dipanaskan hingga mencapai suhu tertentu. Sementara chamber bagian atas diisi dengan bubuk kopi, posisinya yang tepat di bagian atas membuatnya berfungsi semacam ‘seal’ yang menutupi air di dalam chamber bagian bawah. Inilah yang kemudian membuat air di chamber bagian bawah tadi menguap dan memiliki tekanan. Tekanan uap air yang terperangkap di chamber bawah kemudian mendorong air naik ke atas, yaitu ke chamber bagian atas melalui pipa kaca dan filter yang telah dipasang.

Kali ini kita akan memcoba membuat alat tersebut dengan bahan yang sederhana yang ada di sekitar kita, yaitu dengan menggunakan bohlam lampu bekas. Selamat mencoba:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s