Fakta Ilmiah Seputar Minum Kopi

Kopi memiliki efek yang berbeda-beda terhadap setiap orang. Ada yang membutuhkan 1 gelas saja untuk membuat tubuh terjaga sepanjang hari, namun ada yang sebaliknya. Tak cukup minum segelas kopi saja untuk membuat mata melek dan badan lebih segar.

fakta kopi

Ternyata, ada alasan ilmiah di balik hal tersebut. Tim peneliti mengungkapnya dengan melakukan penelitian terhadap DNA 1.200 orang di Italia dan 1.700 orang di Belanda. Studi tersebut dipublikasikan dalam Scientific Report edisi Agustus 2016, seperti dilansir laman Metro, Di dalam tubuh manusia terdapat gen yang disebut PDSS2, yang memiliki peran besar dalam metabolisme kafein, salah satu kandungan utama dalam kopi.

fakta kopi 3

Orang dengan gen PDSS2 kuat ternyata tak butuh minum bercangkir-cangkir kopi karena kafein dicerna dengan kecepatan stabil. Ini membuat mereka tak perlu berkali-kali “mengisi ulang” kafein untuk membuat tubuh segar. Sementara orang dengan gen PDSS2 lemah, sebaliknya. Kafein dicerna terlalu cepat yang membuat mereka butuh mengkonsumsi kopi lebih banyak. [der]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s