Mukidi Ternyata Pengusaha Kopi

Nama Mukidi sedang nge-hits lewat humor-humor lucu yang menjadi viral di WhatsApp (WA). Apalagi setelah sejumlah media lokal dan nasional menulis tentang Humor Mukidi ini. Benarkah nama Mukidi ini berasal dari salah satu tokoh dunia kopi Indonesia. Apakah benar Mukidi adalah seorang petani kopi di lereng gunung Sumbing Jawa Tengah?

Berikut jawaban pemilik nama Mukidi yang juga seorang pembuat kopi ini?

“Ambil hikmahnya saja mas, saya dan tim marketing baca humornya tadi tertawa-tawa sendiri. Saya baru tahu lho tadi malam dikasih tahu kawan-kawan,” kata Mukidi, pemilik usaha Kopi Mukidi asal Temanggung ini.

Mukidi ini adalah petani kopi yang merintis usaha kopi mandiri dari Temanggung, Jawa Tengah. Produk kopi rumahan ini dilabeli Kopi Mukidi. Kopi diolah di rumahnya di Dusun Jambon, Desa Gandurejo Bulu, Temanggung. Dia kini gencar memopulerkan kopi Temanggung lewat festival kopi dan lewat internet.

Produk kopi olahan Mukidi, selain dijual secara langsung kepada warga, juga dipasarkan lewat internet, lewat blog, website, situs jejaring sosial facebook, twitter dan sejumlah e-commerce. Bahkan Mukidi sampai memiliki tim marketing khusus yang menangani masalah tersebut.

Namun saat ditanya apakah viral Humor Mukidi ini bagian dari strategi tim marketingnya, Mukidi membantah. “Tim marketing saya malah tertawa-tertawa sendiri itu membacanya. Saya katakan, ambil hikmahnya saja. Banyak teman juga yang nanya, saya bilang, saya ini Mukidi asli, bukan fiksi,” katanya sambil tertawa.

images-7

Sejak cerita Humor Mukidi ramai dishare di grup-grup WA, akun Facebook Mukidi Mukidi kini kebanjiran komentar peselancar maya. Mereka banyak yang bertanya keterlibatan Kopi Mukidi dalam penyebaran Humor Mukidi ini.

Ada pemilik akun @Bisot Damon menulis begini, “Mumpung lagi rame pencarian keywordnya kang…. Poles lagi, cemungudh eaaa,”

Meskipun demikian, Mukidi mengaku tidak keberatan dengan humor-humor itu. Dia justru berharap dengan ramainya cerita Humor Mukidi ini berimbas pada penjualan kopinya, semakin laris dan dikenal masyarakat semakin luas.

Lalu siapa sebenarnya Mukidi dalam cerita humor tersebut? Bila melihat dari perbincangan di grup-grup WA, Mukidi ini sepertinya hanya tokoh fiksi dalam beberapa cerita humor yang beredar secara viral. Jati diri Mukidi juga tidak jelas, kadang orang Jawa, kadang orang Jakarta,  kadang bapak-bapak, kadang anak-anak.

images-6

Contoh Blog Ceritamukidi (ceritamukidi.wordpress.com). Identitas Mukidi disebut berasal dari Cilacap.

“Mukidi berasal dari Cilacap. tipikal orang yang biasa saja, tidak terlalu alim, mudah akrab dengan siapa saja. Punya karir tapi kadang-kadang bisa menjadi apa saja. Istrinya Markonah, juga punya karir tapi tidak terlalu istimewa. Anak mereka 2 orang, Mukirin yang sudah remaja dan Mukiran yang masih duduk di bangku SD. Sahabatnya adalah Wakijan.”

Namun dalam pencarian lain dengan keyword yang lebih spesifik di google, cerita humor dengan lakon Mukidi ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu yang diunggah oleh sejumlah blogger. Bila kata kunci pencarian lebih dispesifikkan pada tahun upload, maka ada satu cerita Humor Mukidi yang muncul pada 2011 dengan judul Mukidi dan Sukimin.

Mukidi dan Sukimin

Pada suatu minggu pagi Mukidi (45 th) berkunjung ke rumah teman baiknya Sukimin (48 th) untuk menyambung tali silaturahmi

Merekapun berbincang-bincang dengan akrab. tapi Mukidi melihat ada yg janggal pada ekspresi wajah Sukimin ia pu bertanya: (medog mode on)

Mukidi: Min sampean kok kalau diliat2 kayak orang lagi kurang sehat ya?? emang lagi ga enak badan?

Sukimin: Iya belakangan ini aku emang lagi ga enak badan di, gara2 ada yg aku lagi pikirin

Mukidi: kamu tu mikirin apa to min,,min,,

Sukimin: ini,,,mmm,,,aku punya kebiasaan aneh

Mukidi: Aneh opo??

Sukimin: aku punya kebiasaan setiap hari suka buang air besar setiap jam 7 pagi

Mukidi: Lah bagus itu! emang uda kodrat manusia kalo pagi pasti buang hajat. itu kan namanya sehat.

Sukimin: Sehat sih sehat di, tapi masalahnya aku tuh selalu bangun jam 9an..!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s