Kopi Akan Punah?

Perkara pemanasan global tak hanya perdampak pada pergantian musim yang sulit diprediksi, banyaknya angin puting beliung, kerusakan lingkungan atau banjir dan kekeringan di berbagai wilayah.

Ada berita buruk akibat pemanasan global bagi para penikmat kopi. Sebuah laporan terbaru yang dikeluarkan oleh The Climate Institute di Sydney, Australia, mengatakan bahwa kopi dapat punah dengan cepat karena pemanasan global.

kopi punah4

Dalam sebuah tulisan yang dipublikasikan The Guardian, para periset dari institut tersebut menyatakan bahwa setengah dari tanah yang digunakan untuk menanam kopi saat ini akan tak bisa lagi memproduksi kopi.

Untuk di wilayah Nikaragua, misalnya, para periset memprediksi kelangkaan kopi akan terjadi dalam waktu cepat, sekitar 2050.

Di Tanzania, yang saat ini sudah mengalami penurunan produksi kopi hingga 50 persen sejak 1960, kemungkinan bakal mengalami kelangkaan kopi pada 2060.

Kopi liar, yang merupakan kunci untuk mendapatkan keragaman genetik kopi dan yang menjadikan industri kopi hidup saat ini, diprediksi bakal hilang seluruhnya pada 2080.

Woman drinking coffee directly from a beverage dispenser

Jelas pergeseran ini nantinya akan berdampak pada 120 juta orang yang kini bekerja dalam industri kopi, baik di bagian kebun, pemanen, ataupun pengemas di pabrik serta perusahaan pengiriman kopi.

Para periset mengatakan, petani kopi sebenarnya dapat bergerak dan mencoba lokasi baru untuk ditanami, demi menjaga produksi kopi.

kopi punah3

Namun agaknya, mereka tidak mempunyai dana dan waktu, mengingat butuh waktu tiga hingga empat tahun untuk kopi dapat dipanen.

Meski 2050 terdengar seperti masih lama, masalah ini tergantung pada seberapa banyak kafein yang biasa Anda butuhkan setiap pagi. Mungkin Anda dapat mencoba menyimpan kopi mulai sekarang. [der]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s