Sensasi Ngopi di Atas Awan

Minum kopi di gunung memang nikmat, namun di Ungaran Anda bisa ngopi tanpa perlu bersusah payah mendaki. Sebuah kedai bernama Pondok Kopi di kaki Gunung Ungaran, menyajikan kopi dengan latar gunung dan awan. Sedap!

Nongkrong sambil ngopi kini menjadi suatu kegiatan yang sangat diminati oleh semua orang, terutama bagi remaja dan dewasa. Apalagi jika kita ngopi dengan orang-orang yang kita sayang, wah pasti menjadi hal yang sangat ditunggu. Sambil berkumpul kita dapat berbincang-bincang sembari melepas penat.

sensasi ngopi diatas awan 3

Nah, kini ngopi juga dapat dilakukan di tengah lereng pegunungan. Pondok Kopi adalah tempat yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang suka nongkrong di alam terbuka. Pondok Kopi terletak di lereng gunung Ungaran, letaknya di daerah Bandungan, atau lebih spesifiknya jika dari pemandian Umbul Sidomukti kita harus naik lagi kurang lebih 10 menit.

Sebuah pengalaman yang dikutip dari detikTravel Community, hari Sabtu adalah hari libur bagi kalangan mahasiswa, saya beserta enam orang kawan saya berencana untuk berkunjung di Pondok Kopi. Kami kumpul pada pukul 14.00 WIB, lalu kami berangkat mengunakan motor. Lalu kami sampai di sana pada pukul 15.00 WIB.

Akses jalan menuju Pondok Kopi sudah baik. Namun karena jalur jalan yang lebih didominasi oleh tanjakan, bagi pengunjung yang menggunakan mobil pribadi disarankan untuk hati-hati. Karena Pondok Kopi terletak pada kawasan hutan lindung, maka kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000, harga sangat terjangkau pastinya.

Lalu kami mencari tempat duduk di luar cafe. Wah, cuaca kali ini sangat mendukung, awan tampak biru bersih, pohon yang masih asri, angin semilir khas pegunungan, dan pastinya pemandangan yang sangat indah. Hal inilah yang selalu saya rindukan untuk kembali ke tempat ini, tenang jauh dari udara khas perkotaan. Lalu kami memesan makanan dan minuman.

sensasi ngopi diatas awan 6

Untuk makanan dan minuman, di sini tergolong enak dan harga terjangkau. Untuk minuman, harga kisaran dari Rp 6.000-20.000, kemudian untuk makanan harga berkisar dari Rp 10.000-30.000.

Kemudian setelah pesanan datang kami bersantai ria, dan takkan terlupa kami memesan kopi atau minuman olahan sejenis kopi. Sambil berbincang bincang kami menikmati pemandangan yang ada, dan pastinya sambil mengambil gambar.

Oh iya, pada lokasi Pondok Kopi juga tersedia tempat penginapan. Penginapan bukan berbentuk hotel, namun seperti rumah sederhana yang disewakan.

sensasi ngopi diatas awan 5

Kemudian jika kita menuju ke atas Pondok Kopi, terdapat lokasi berkemah. Di sana juga terdapat hutan pinus yang indah. Lalu jika kita naik sedikit dari bumi perkemahan, terdapat pos basecamp untuk mendaki Gunung Ungaran, dan disana juga terdapat goa.

Oh ya, Pondok Kopi buka 24 jam. Tempat ini sangat romantis jika malam hari. Bagi para pengunjung yang suka fotografi, tempat ini juga cocok untuk mengambil gambar.

Jika para pengunjung datang pada pukul 16.00 WIB, kabut akan muncul. Inilah sensasinya jika kita ngopi di luar pondok, seperti minum kopi di atas awan. [der]