Sensasi Kopi Bakar Bapak Endut Cibaliung

Jika sahabat kopimania berencana traveling ke kawasan Ujung Kulon, Banten, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba mencicipi kopi bakar khas Cibaliung.

cibaliung

Kopi bakar atau kopbak Cibaliung merupakan kopi warisan para leluhur yang hingga kini masih terus dilestarikan. Salah satu kedai kopi yang menyediakan kopbak tradisional Cibaliung yakni warung kopi bakar Bapak Endut.

kopi-bakar-4

Di warung kopi ini sahabat rasakopi.com jangan berharap bisa mencicipi kopi esspreso, moccachino apalagi americano. Pasalnya selain menu kopi andalan kopi bakar, warung kopi bakar Bapak Endut hanya menyediakan menu kopi trandisional yakni Cofielamure, Nampuyak kopi dan Baliung kopi.

Semuanya diracik secara manual dengan teknik yang sangat tradisional. Namun citarasa menu kopi tersebut dijamin membuat sahabat rasakopi.com bakal ketagihan.

kopi-bakar-6

Pemilik warung kopi Bapak Endut, Gin Kamawiguna mengatakan, proses pembuatan kopi bakar hampir sama dengan kopi tubruk. Bedanya biji kopi yang digunakan terlebih dulu dibakar. Disamping menghasilkan aroma yang khas, ternyata ada sensasi tersendiri menikmati kopi bakar.

“Biji kopinya bisa dikunyah, dan disitulah letak kenikmatan kopi bakar” terang Gin.

Dilansir dari rasakopi.com di warung kopi ini sahabat kopimania bebas memilih biji kopi sesuai selera. Selain kopi lokal Cibaliung atau baliung kopi, warung kopi bakar Bapak Endut juga menyediakan biji kopi arabika, robusta dan liberika yang didatangkan langsung dari beberapa daerah penghasil kopi diantaranya Gayo, Sinabung, Sidikalang dan Kamojang.

kopi-bakar-7

Gin menceritakan sejarah singkat usaha yang mulai dirintisnya sejak 2014 silam. Menurut Gin, Bapak Endut merupakan nama panggilan orang tuanya yang memiliki nama asli Gunawan. Sewaktu muda, bapak Endut gemar meracik kopi untuk dikonsumsi sendiri. Dikarenakan kala itu tidak ada mesin roasting (pemanggang kopi), bapak Endut akhirnya membakar biji kopi kemudian diseduh hingga akhirnya jadilah minuman kopi yang dinamakan kopi bakar.

Racikan kopi bakar bapak Endut cukup tersohor karena rasanya yang khas. Meski demikian bapak Endut tak berniat membuka usaha warung kopi dan kopi bakar racikannya hanya untuk konsumsi pribadi.

kopi-bakar-5

Barulah pada tahun 2014 keluarga bapak Endut memberanikan diri membuka usaha kopi bakar sekaligus untuk melestarikan warisan kopi bakar leluhur. Saat ini terdapat dua gerai warung kopi Bapak Endut yakni di Cibaliung dan alun-alun Sukajadi Pandeglang. Rencananya, Gin akan mengembangkan usahanya dengan membuka cabang di wilayah Depok, Bekasi, Garut Jawa Barat dan Labuan Banten. [der]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s