Cara Seduh Espresso Klasik Dengan Mokapot

Sekilas mokapot ini tak jauh beda dengan sebuah teko stainless. Namun jika dibedah secara detail mokapot memiliki sejumlah bidang yang satu sama lainnya menjadi sebuah sistem penyeduhan kopi.

mokapot-5

Bagian bawah mokapot terdiri dari wadah penyimpan air yang jika dipanaskan akan menghasilkan uap yang mampu menyeduh dan mendorong cairan kopi ke wadah paling atas.

mokapot-2

Dibagian tengah mokapot terdapat wadah biji kopi yang sudah dihaluskan. Sementara bagian atas mokapot terdiri dari wadah penyimpanan hasil proses uap kopi. Diantara komponen tersebut terdapat pipa penghubung untuk menyalurkan uap.

mokapot-3

Barista sekaligus pemilik OV Koffie Kiosk Setiabudi Jakarta Selatan, Ricky Reyner berbagi trik kepada rasakopi.com bagaimana teknik seduh kopi espresso klasik dengan alat manual mokapot.

ov-koffie-1

Mokapot yang digunakan Ricky produksi Bialetti dengan type Brikka. Alat ini menurut Ricky cukup sempurna dan menghasilkan espresso klasik dengan citarasa yang pas. “Air yang digunakan yakni air matang bersuhu normal. Takaran air dengan kopi 15 gram berbanding 90-100 mili liter air” terang Ricky.

ov-koffie-5

Setelah semua komponen mokapot terpasang, air dalam wadah mokapot bagian bawah dipanaskan dengan api. Secara bertahap tetesan uap kopi mulai keluar dari pipa penghubung kewadah teratas mokapot.

ov-koffie-8

Dalam waktu 4-5 menit tekanan semakin kuat hingga seluruh uap kopi keluar memenuhi wadah atas mokapot. Selesai sudah, segelas espresso klasik pun siap disuguhkan dan siap di sruputt.. [der]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s