Daging Empuk Dengan Kopi

Hari Raya Idul Adha merupakan momentum bagi umat muslim di penjuru dunia untuk beribadah kurban. Makna berkurban dari kacamata sosial yakni saling berbagi antara umat manusia. Hewan kurban yang disembelih dibagikan kepada mereka yang kurang mampu.

daging-qurban-1

Mumpung daging hewan kurban melimpah ruah nih, sayang jika tidak dimasak dengan trik yang tepat. Kopi Mania ingin berbagi tips membuat empuk daging baik daging sapi maupun daging kambing.

Memasak daging merah seperti halnya daging sapi dan kambing, memang memerlukan tantangan tersendiri agar tekstur daging empuk saat dikunyah. Umumnya, untuk memperoleh tekstur daging yang empuk, proses pemasakan dilakukan dengan cara daging dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian direbus dengan waktu yang relatif lama. Cara tersebut memang bisa menghasilkan tekstur daging yang empuk. Namun tahukah Anda bahwa kelembutan tekstur serta sensasi juicy pada daging akan berkurang. Hhmm…

coffee-beans-and-womans-hands_rfrtix

Tak perlu khawatir, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk, tanpa harus melewati proses perebusan yang lama. Berdasarkan informasi dari Chef Dhenny Boy Gunawan dikutip dari jitunews, bubuk kopi merupakan salah satu bahan yang bisa membuat tekstur daging menjadi empuk. Kopi tak hanya nikmat untuk diminum, namun juga bisa digunakan untuk mengolah daging yang alot. “Selain bisa melembutkan, kopi juga bisa memperkuat rasa daging,” ungkapnya.

Chef yang sudah berpengalaman di Hotel Gran Hyat serta restoran-restoran terkemuka lainnya ini, menuturkan, metode pengempukkan daging dengan kopi yakni, buatlah segelas kopi panas kental, lalu dinginkan. Setelah itu, kopi tersebut dipakai untuk merendam daging. Proses perendamannya memakan waktu hingga 24 jam, agar daging nantinya benar-benar empuk setelah masak. Mudah bukan? selamat mencoba. [der]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s