Rehabilitasi Narkoba ala Barista

Pemerintah Indonesia baru-baru ini menyatakan negara tengah dilanda krisis penyalahgunaan narkoba. Bagaimana tidak, jumlah pengguna narkoba dari tahun ke tahun terus melonjak tajam. Pada tahun 2015 tercatat sebanyak 5,9 juta pengguna narkoba di Indonesia. Angka ini meningkat dari tahun 2014 yang jumlahnya mencapai 4,2 juta orang.

ilustrasi-narkoba

Salah satu upaya menekan peredaran narkoba di Indonesia, pemerintah melalui aparat penegak hukum terus gencar melakukan pemberantasan guna memutus mata rantai narkoba. Sementara untuk para pengguna narkoba secara hukum mereka dinyatakan sebagai korban dan pemerintah berkewajiban melakukan proses rehabilitasi ketergantungan narkoba.

darurat-narkoba

Berbicara mengenai rehabilitasi narkoba, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yakni melalui rehabilitasi medis dan non medis atau cara alternatif.

Komunitas Barista Indonesia yang berisi para barista mencoba melakukan upaya rehabilitasi narkoba atlernatif dengan kopi. Mmmm seperti apa yah?

rehab-narkoba-4

Salah satu lokasi yang disatroni Barista Indonesia yakni panti rehabilitasi narkoba, anak nakal dan gangguan kejiwaan Hikmah Syahadah di Banten.

Kegiatan sosial yang dilakukan yakni mengenalkan kopi sehat, teknik meracik kopi serta mengenalkan profesi barista.

Komunitas Barista Indonesia memiliki trik tersendiri untuk membuat para santri narkoba ini antusias dengan dunia kopi.

“Untuk awal kami perkenalkan seni menghias kopi atau latte art. Kami tunjukan bahwa kopi bukan hanya enak diseruput namun juga memiliki nilai seni yang tinggi jika dihias” ujar Oki Bleksuit salah satu pengurus Komunitas Barista Indonesia.

rehab-narkoba-3

Setelah mempertunjukan teknik latte art, barulah diceritakan segala hal tentang kopi serta profesi barista.

“Kami ceritakan betapa profesi barista saat ini dapat diandalkan untuk menopang hidup karena pendapatan yang dihasilkan lumayan besar” tambah Oki.

Selain memotivasi para santri narkoba untuk hidup move-on dengan kata lain menjauhi penyalahgunaan narkoba dengan kegiatan positif, kegiatan ini juga bertujuan agar para santri narkoba di tempat ini tertarik dengan kopi dan akan menggeluti dunia kopi setelah mereka “lulus”.

rehab-narkoba-barista

Kegiatan Komunitas Barista Indonesia ini mendapat sambutan positif dari para santri narkoba dan dari pengurus yayasan panti rehabilitasi Hikmah Syahadah Banten. Bahkan ketua yayasan Hikmah Syahadah berencana mengajukan program rehabilitasi narkoba ala barista ini menjadi program rutin ke Dinas Sosial setempat. Terus berjuang kawan Barista Indonesia..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s